Saturday, July 16, 2016

Cariles, aplikasi digital untuk menemukan guru les dengan mudah sesuai kebutuhan Anda!

Oleh Siti Nurrohmah

Sumber: dok. pribadi


K
esadaran akan pendidikan di Indonesia terus meningkat. Setiap anak ingin bersekolah di sekolah favorit. Orang tua juga ingin memberikan pelayanan yang terbaik untuk anak – anaknya dalam pendidikan. Tidak jarang para orang tua tersebut mencarikan guru les privat untuk meningkatkan kemampuan akademis sang anak. Namun ternyata untuk mencari guru les privat yang sesuai keinginan dirasa sangat sulit.

Tidak hanya orang tua saja, namun siswa SMP ataupun SMA yang ingin mencari guru les privat sendiri dan sesuai dengan keinginan juga merasa kesulitan. Kesulitan yang dialami diantaranya sulitnya akses untuk mendapatkan tentor yang  berkompeten. Karena akses yang susah ini, banyak siswa yang tidak mendapat tentor sesuai dengan yang diharapkan dan prestasi belajar kurang maksimal. Pengelola tentor les privat juga masih mengalami kesulitan. Rumitnya jadwal akan berbanding lurus dengan bertambahnya jumlah tentor dan murid yang dimiliki.

Tidak dapat dipungkiri, saat ini setiap orang lekat dengan smartphone. Orang tua, murid, guru les privat, koordinator tentor les privat saat ini banyak yang telah menggunakan smartphone. Dari fakta ini, saya memiliki ide entrepreneur pengelolaan les privat berbasis digital. Saya sudah berkecimpung dalam dunia bimbingan belajar baik privat maupun kelompok selama 7 tahun. Pengalaman yang saya dapat dari malang melintang di dunia bimbingan belajar, serta adanya fakta-fakta tersebut menguatkan saya untuk merintis usaha pengelolaan les privat berbasis digital.

Sumber: dok. pribadi
Kebetulan MyRepublic Indonesia mengadakan kompetisi blog yang jika menang hadiahnya dapat digunakan untuk modal usaha. Jika saya memenangkan kompetisi blog ini, hadiah yang didapat akan saya gunakan untuk membuat website usaha berbayar bernama Cariles untuk mengelola les, lengkap dengan domain dan hostingnya. Mendaftar iklan berbayar di facebook, ChannelNewsAsia, dan yang paling penting, saya akan memesan pembuatan aplikasi Cariles berbasis android yang dapat digunakan pada smartphone ataupun tablet.  

Aplikasi Cariles untuk mengelola komunikasi pencari tentor, pengelola les, dan tentor les.

Aplikasi Cariles adalah sebuah aplikasi berbasis android untuk mengkoordinasi para tentor les privat sehingga para pencari layanan les privat dapat dengan mudah menemukan guru les privat dan pengelola bimbingan belajar privat juga dapat dengan mudah melakukan manajemen melalui aplikasi tersebut.

Sumber: dok. pribadi

Aplikasi Cariles berbasis android terbuka untuk semua pengelola bimbingan belajar privat yang ingin bergabung ke dalam aplikasi. Aplikasi akan dapat di download dengan gratis oleh siapapun baik pencari guru les, maupun tentor melalui playstore dan google play. Aplikasi ini diharapkan mampu memudahkan para pencari layanan les privat sehingga mereka dapat dengan mudah menemukan tentor yang diinginkan dan pengelola bimbingan belajar dapat dengan mudah mendapatkan murid serta kemudahan memanajemen data.

Pengguna aplikasi Cariles adalah siswa SD, SMP, SMA, alumni, dan orang tua yang memiliki anak yang bersekolah di tingkat SD, SMP, atau SMA. Aplikasi android dapat dijalankan dengan batas minimum OS android pada API 14 atau JellyBean.

Cara Kerja Aplikasi digital Cariles

Sumber: dok. pribadi

Cara kerja aplikasi Cariles secara umum yaitu pengguna yang melakukan pencarian dapat memilih guru les (tentor) berdasarkan biaya belajar privat yang diinginkan, tingkat sekolah (SD, SMP, SMA atau Alumni), mata pelajaran dan jadwal. Mata pelajaran yang tersedia setiap tingkat akan berbeda sesuai dengan ketersediaan guru les. Jadwal (hari dan jam) yang diinputkan pengguna adalah jadwal yang masih tersedia dari tentor yang dipilih. Setelah memilih guru les yang diinginkan, maka pengguna dapat menerima layanan pengajaran dari guru les yang sebelumnya telah diverifikasi oleh admin atau pengelola bimbingan belajar.

Sumber: dok. pribadi 
Posisi saya di sini adalah sebagai admin sekaligus salah satu pengelola bimbingan belajar privat. Saya akan menggandeng pengelola bimbingan belajar privat lain agar jaringan semakin luas. Sebagai admin, saya akan mengelola website dan sistem aplikasi android yang banyak digunakan orang. Tentu saja saya membutuhkan koneksi yang cepat. Saya akan memilih sambungan internet ultra cepat dari MyRepublic Indonesia untuk memperlancar usaha saya.

Teknologi Ultra Fast Fiber Broadband dengan kecepatan internet up to 300 Mps didukung dengan processor komputer yang memadai, akan membantu saya mengelola  usaha yang melibatkan komunikasi banyak pihak ini. Saya akan giat beriklan, salah satunya melalui ChannelNewsAsia. Saya akan memanfaatkan media sosial yang saya sudah bergabung sejak saat ini sebaik mungkin, diantaranya facebook, BBM, instagram, pinterest, LinkedIn, Path, Google Plus dan Twitter.

Sumber: dok. pribadi

Sebagai pengelola bimbingan belajar privat, saya akan merekrut tentor-tentor berkualitas. Selain itu, saya akan mengontrol kualitas tentor dengan memperikan pelatihan rutin setiap tiga bulan. Kinerja tentor selalu saya pantau demi kepercayaan pengguna dan kesuksesan usaha. Tentu saja saya tidak bekerja sendiri. Saya akan merekrut karyawan baik di bidang IT maupun karyawan untuk membantu saya mengelola bimbingan belajar privat.


Saat ini saya telah menulis beberapa buku pelajaran maupun penunjang pelajaran yang sudah diterbitkan beberapa penerbit di Solo, Jakarta, dan Surabaya. Tentu saja hal ini akan sangat bermanfaat untuk usaha yang akan saya rintis. Semoga apa yang saya rencanakan ini dapat terwujud, salah satunya dengan memenangkan kompetisi dari MyRepublic Indonesia ini.


5 comments:

  1. Kalau aku, aku jualan layangan, soalnya aku kan anak alay (bukan lebay ya ?) alay itu anak layangan (tapi nggak suka nongkrong di pinggir jalan) pokonya alaayyyy banget...hehehehehe...

    ReplyDelete
  2. di play store g ada aplikasinya ya?

    ReplyDelete
  3. di play store g ada aplikasinya ya?

    ReplyDelete
  4. Jeime Lanister? Penggemar Game Of Throne yah hihihi

    ReplyDelete